NPP Adalah: Arti, Manfaat, dan Cara Mendapatkan & Mengecek!

NPP adalah Nomor Pendaftaran Perusahaan untuk kepatuhan hukum dan kesejahteraan karyawan. Pelajari manfaat dan cara mendapatkannya!

KantorKu HRIS
Ditulis oleh
KantorKu HRIS • 15 Agustus 2025

Apa arti lengkap dari NPP? NPP adalah Nomor Pendaftaran Perusahaan yang wajib perusahaan miliki, karena banyak urusan administrasi dan legal yang membutuhkan ini. 

Contohnya untuk pendaftaran BPJS karyawan, pencatatan, pelaporan pajak, dan administrasi perusahaan lainnya.

Namun, sudahkah Anda tau bagaimana cara mendapatkannya, khususnya bagi perusahaan baru? Jika belum, mari simak panduannya pada artikel berikut!

Mengenal NPP Adalah

NPP adalah nomor identifikasi resmi yang diberikan kepada setiap perusahaan oleh instansi pemerintah. 

Fungsinya sebagai tanda pengenal perusahaan agar dapat mengurus administrasi perusahaan dan perpajakan. Selain itu, nomor ini juga berguna untuk mendaftar layanan tertentu, termasuk BPJS. 

Dengan mendaftar BPJS, perusahaan pun bisa memberikan jaminan kesehatan, keselamatan kerja, dan lainnya.

Bagi perusahaan, memiliki NPP akan membuat kegiatan operasional jadi sah secara hukum. Sebaliknya, bagi karyawan, perusahaan yang mendaftarkan nomor ini menunjukkan bahwa perusahaan kredibel dan ini bisa meningkatkan tingkat kepuasan karyawan.

Baca Juga: Cara Menghitung Iuran BPJS Ketenagakerjaan Karyawan dengan Mudah [+ Contoh]

Manfaat NPP bagi Perusahaan

Memiliki NPP tidak hanya memberikan kemudahan administrasi bagi HR perusahaan, berikut daftar lebih lengkap mengenai beberapa manfaat:

1. Mendaftar Program BPJS

Dengan memiliki NPP, perusahaan dapat mendaftar ke program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. 

Program ini memungkinkan perusahaan memberikan berbagai program jaminan sosial penting untuk karyawannya, seperti:

  • Jaminan Kesehatan (BPJS Kesehatan) untuk memudahkan akses layanan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya.
  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan saat bekerja.
  • Jaminan Kematian (JKM) sebagai bentuk perlindungan bagi ahli waris karyawan.
  • Jaminan Hari Tua (JHT) yang membantu menyiapkan masa depan karyawan dengan tabungan yang dapat dicairkan saat pensiun.

Perusahaan yang memberikan berbagai program tersebut akan membuat karyawan merasa dihargai dan puas.

2. Membayar Iuran BPJS

NPP adalah salah satu syarat untuk membayar iuran premi BPJS yang dilakukan setiap bulan. Dengan NPP, proses pembayaran iuran menjadi lebih terorganisir dan tercatat dengan baik di sistem BPJS, sehingga mengurangi risiko keterlambatan atau kesalahan pembayaran.

Selain itu, NPP memungkinkan perusahaan untuk mengakses layanan digital BPJS, yang dikenal dengan sebutan BPJS Online. Melalui BPJS Online, karyawan bisa mengecek saldo JHT kapan saja.

3. Meningkatkan Reputasi dan Kredibilitas Perusahaan

Manfaat NPP berikutnya yaitu meningkatkan kredibilitas perusahaan. Dengan memiliki NPP. ini menunjukkan bahwa perusahaan beroperasi sesuai aturan dan sudah terdaftar secara sah di mata hukum. 

Dengan status perusahaan yang sudah terdaftar, reputasi dan kredibilitas perusahaan di mata berbagai pihak, seperti investor, mitra bisnis, dan pelanggan, akan meningkat secara signifikan. 

Investor merasa lebih yakin untuk menanamkan modalnya karena perusahaan menunjukkan komitmen pada transparansi dan tata kelola yang baik.

4. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Sebagai HR, pastinya paham bahwa meningkatkan kepuasan karyawan bukan hal yang mudah, karena melibatkan aspek lingkungan kerja, rekan kerja, penghargaan, dan lainnya.

Namun, memiliki NPP bisa membantu meningkatkan kepuasan mereka. Bagaimana caranya? NPP memungkinkan perusahaan daftar ke program-program jaminan sosial seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Ketika merasa dihargai, karyawan cenderung akan menunjukkan semangat kerja dan loyalitas yang lebih tinggi.

Lantas, “NPP BPJS ada dimana?”. Untuk mendapatkannya, perusahaan harus terlebih dahulu mendaftar NPP. Setelah itu, perusahaan baru bisa mendaftarkan karyawan ke program BPJS.

5. Memudahkan Perhitungan Payroll

NPP memungkinkan penggunaan layanan digital BPJS seperti sistem pelaporan dan pembayaran online.

Nantinya pemotongan iuran BPJS bisa langsung dari gaji karyawan, sehingga pembayaran iuran dapat dilakukan tepat waktu dan minim kesalahan.

Tidak hanya itu, NPP juga membantu dalam pencatatan kehadiran karyawan dan penyusunan laporan keuangan yang terkait dengan kesejahteraan tenaga kerja.

Cara Mendapatkan NPP Perusahaan untuk Perusahaan yang Baru dibentuk 

Setiap perusahaan baru wajib membuat NPP supaya bisa mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

1. Penuhi Syarat dan Dokumen

Sebelum mendaftar, perusahaan perlu memenuhi syarat dan dokumen yang sudah ditetapkan, di antaranya:

Syarat

  • Pengguna harus memiliki kewenangan dan melaksanakan kewajiban hukum.
  • Mengisi data yang valid.
  • Mencantumkan tanggal agar Petugas bisa melakukan konfirmasi, kunjungan, sosialisasi, dan penyampaian formulir registrasi.
  • Bersedia mengulang proses pendaftaran jika perusahaan tidak kunjung mendaftarkan peserta dan membayar iuran pertama sampai dengan 90 (sembilan puluh) hari setelah daftar NPP.
  • Bersedia dikenakan sanksi jika data tidak benar.
  • Setelah membaca Syarat dan Ketentuan penggunaan NPP BPJS untuk perusahaan dengan seksama. Kemudian centang kotak paling bawah untuk menyetujuinya.

Dokumen yang dibutuhkan

  • Nama perusahaan
  • NIK pimpinan
  • Kontak
  • NPWP
  • Alamat perusahaan
  • Email perusahaan
  • Bidang usaha
  • Rencana biaya penanaman modal
  • Data karyawan dan anggota keluarganya
  • Dokumen pendukung lainnya

2. Buka Laman BPJS Ketenagakerjaan

Jika sudah memenuhi syarat dan dokumen, Anda bisa langsung mendaftarkan perusahaan melalui menu Register Badan Usaha Baru di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan: https://ejakon.bpjsketenagakerjaan.go.id/daftar-akun.

3. Isi Formulir Registrasi

Maka akan tampil formulir untuk diisi sesuai data yang valid. 

Beberapa data yang diminta meliputi email perusahaan (digunakan untuk mengirim email aktivasi) dan lokasi perusahaan harus sesuai perizinan untuk didaftarkan sesuai wilayah kerja kantor cabang BPJS Kesehatan.

Jika sudah, tekan Submit untuk mengirim formulir.

4. Menunggu Email Balasan dari BPJS

Setelah formulir terkirim, Anda tinggal menunggu email aktivasi dari BPJS. Isi email-nya berupa tautan yang digunakan untuk mendapatkan sejumlah dokumen, di antaranya:

  • Kode badan usaha
  • Rekening virtual account untuk pembayaran iuran
  • Akun beserta (username dan password) untuk pendaftaran karyawan
  • Lampiran formulir registrasi

Baca Juga: 6 Program BPJS Ketenagakerjaan & Manfaatnya untuk Karyawan, Wajib Tahu!

Cara Cek dan Mengetahui Nomor NPP

Bagi yang masih bertanya-tanya “NPP Cek dimana?”, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini:

  • Buka situs BPJS Ketenagakerjaan.
  • Masuk menggunakan username dan password yang ada di email aktivasi.
  • Lalu, pilih menu Informasi NPP dan Status Perusahaan.
  • Nantinya langsung terlihat NPP perusahaan, status kepesertaan, pembayaran iuran, serta update data karyawan.

Permudah Urusan Administrasi Karyawan dengan Aplikasi HRIS KantorKu.id

NPP adalah identitas yang wajib dimiliki perusahaan untuk mengurus BPJS dan administrasi terkait lainnya. 

Namun, jangan sampai urusan administrasi yang repetitif seperti ini menyita 60% waktu Anda sebagaimana riset HR Service Inc. Jika masih menggunakan cara manual, pengembangan SDM bisa saja terlupakan.

Untungnya, Anda bisa menggunakan KantorKu HRIS untuk memudahkan pengelolaan administrasi HR. 

Hanya dengan satu aplikasi, Anda bisa melakukan perhitungan iuran BPJS dan PPh 21 otomatis, pencetakan dan pengiriman slip gaji otomatis, serta absensi yang terhubung payroll untuk memudahkan perhitungan gaji.

Administrasi HR jadi 95% lebih cepat dan minim kesalahan. Jangan biarkan urusan administrasi HR menyita waktu. Coba gratis KantorKu sekarang melalui demo!

Bagikan

Related Articles

8 Keuntungan Strategi Bisnis Berbasis Data Hasil Riset Pasar

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan tidak bisa lagi hanya mengandalkan intuisi maupun...
geotagging

Apa Itu Geotagging? Cek Arti, Contoh, dan Cara Membuatnya!

Geotagging adalah proses penambahan informasi geografis pada sebuah data. Temukan arti dan cara membuatnya di sini!
gaji barista

Gaji Barista Part Time, Full Time, Starbucks, dan 4 Brand Lainnya 2025

Mau rekrut barista atau buka coffee shop? Simak info lengkap gaji barista berdasarkan lokasi, pengalaman, hingga sistem insentif di berbagai brand ternama.